Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kayu manis atau disebut juga dengan istilahCinnamomun verum, sin, zeylanicum.
Merupakan jenis pohon penghasil rempah-rempah. Kayu manis ini ke termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang memiliki aroma dan manis serta pedas. Jika dilihat dari sejarah, Kayu manis itu merupakan salah satu bumbu makanan sudah laman dikenal oleh masyarakat dan sudah digunakan di Mesir Kuno pada 5000 tahun yang lalu. Selain digunakan untuk rempah-rempah atau sebagai bumbu, secara tradisional kayu manis ini dapat digunakan sebagai suplemen dan tentu sebagai ramuan obat-obatan seperti untuk mengobati radang sendi, kulit, jantung, dan perut kambung.

      Kegunaan dari kayu manis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan karena sudah dipraktekkan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Kayu manis ini kegunaannya bukan hanya sebagai pengharum dan penguat rasa pada makanan dan minuman, namun kayu manis ini (Cinanom) memiliki beberapa khasiat seperti yang dikutif oleh tim Dokter dari Rumah sakit Surabaya pada sebuah majalah Nurul Hayat, disana dijelaskan bahwa, Kayu manis itu memiliki kandungan yang sangat besar untuk kesehatan tubuh manusia, karena pada kayu manis itu mangandung Mangan, Zat Besi dan Kalsium.
Manfaat Kayu Manis untuk Keluhan pada Kesehatan Seperti:
1. Menurunkan Kolesterol
2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
3. Meningkatkan Daya Ingat
4. Meredakan nyeri otot dan sendi
5. Dapat mengatasi masalah Gusi dan Gigi dan Sariawan
6. Meredakan Sakit kepala, Migren
7. Mengatasi Radang Tenggorokan
8. Meringankan Masalah Perus dan Keram pada saat Haid
9. Serta dapat Menghilangkan Bau Mulut
10. Mencegah Penggumpalan Darah
11. Mencegah Pertumbuhan Sel Kangker
        Itulah pemaparan tentang manfaat kayu manis, dan perlu kita ketahui tentang bagaimana caranya seupaya dapat dikomsumsi kayu manis tersebut. Kayu manis tersebut dapat dikumsumsi dengan cara meminum dari hasil rebusannya dan juga dapat dicampuri dengan makanan dan minuman yang lain. dan untuk mengobati masalah Radang Tenggorokan dan Bau Mulut serta Sariwan dengan cara air rebusan dari Kayu Manis tersebut digunakan untuk berkemumur dengan perbandingannya 1/2 sentok teh kayu manis yang sudah di parut atau yg sudah dalam bentuk bubuk dan dicampuri dengan segelas air dingin atau air hangat.         Supaya kayu manis dapat disimpan lebih lama, kayu manis dapat dibuat dalam bentuk bubuk, karena bentuk bubuk bisa tahan hingga 6 bulan bila dibandingkan dengan kayu manis yang masih utuhan atau batangan, kemudian kayu manis yang sudah bubuk disimpan ditempat yang kering dan sejuk serta hindari dari sinar matahari langsung.
         Selain Manfaat diatas Kayu Manis juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan yang alami dan mangndung serat, kalsium, Zat besi dan mangan yang terbukti efektif untuk mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan natural yang biasa disebut Cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormaon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Demikin Penjelasan tentang manfaat Kayu Manis bagi kesehatan manusia, Semoga bermanfaat



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »